SERBA-SERBI

LINGKUNGAN BELAJAR YANG TEPAT

Lingkungan Mikro Tempat Anda Bekerja dan Berkreasi

Semua ini dimulai dengan ruang pribadi anda, tempat anda bekerja dan belajar. Mengubah tempat ini menjadi tempat yang optimal adalah tugas anda. Karena hanya anda yang dapat mngatur detail, sehingga cocok bagi anda.

Anda akan belajar tentang cara anda menerima, manyerap, dan mengolah informasi-yaitu gaya belajar anda. Hal lain dari gaya belajar anda ini adalah bagaimana cahaya, musik dan desain ruangan mempengaruhi anda. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang menimbulkan kenyamanan dan rasa santai karena dalam keadaan santai inilah anda dapat berkonsentrasi dengan baik dan mampu belajar dengan sangat mudah. Otot-otot yang tegang akan mengalihkan aliran darah anda-dan juga perhatian anda.

Rumah anda mungkin tempat yang terbaik untuk mulai karena disanalah anda memiliki kebebasan tebesar untuk berubah dan bereksperimen. Anda juga mungkin mempunyai rasa memiliki rasa yang lebih besar di rumah anda, dan baik sekali untuk mengawali membangun wilayah aman anda dari tempat seperti ini. Setelah anda berhasil manmbangun lingkungan belajar yang sempurna dirumah anda, anda dapat membawa hal-hal yang berhasil disana dan menerapkannya di kanto anda atau ruang kerja lain dirumah anda.

Adalah sangat baik jika anda menyiapkan ruang terpisah untuk anda sendiri di rumah anda. Dengan cara itu anda akan lebih mudah untuk mengabaikan gangguan-gangguan. Jika anda tidak mempunyai studio atau ruangan tersendiri, buatlah suatu sudut tersendiri yang dapat disekat, suatu ruangan dari garasi yang tidak sering orang lalu-lalang, loteng, kloset, yang cukup lapang, atau bahkan gudang yang tempat menyimpan barang yang terletak di belakang rumah. Bersikap kreatiflah, dan gunakan imajinasi anda untuk melihat apa yang dapat dimanfaatkan lebih baik dari pada yang sekarang.

Setelah menetukan ruangan anda, anda dapat mengerjakan detail-detailnya. Sebagian orang lebih menyukai lingungan kerja yang formal, sedangkan yang lain lagi lebih nyaman di tempat yang lebih kaku. Pikirkanlah suasana yang dapat membantu anda berkonsentrasi dengan mudah dan banyak melakukan pekerjaan tanpa menjadi stress.Apakah itu duduk dikursi dengan menghadap dinding?duduk diatas bantal-bantal di lantai? Duduk di meja dapur di jendela? Mungkin anda menyukai kombinasi keteraturan dan ketidakteraturan, seperti melakukan penelitian dan sambil membaca duduk di kursi malas, lalu pindah kemeja untuk menulis.

Kemudian perhatikanlah pencahayaan. Tentu saja, ruangan anda harus mendapatkan cukup cahaya supaya anda tidak perlu melelahkan mata, namun inipun merupakan permasalahan pribadi. Sebagian orang menyukai ruangan yang terang secara merata, sedangakan yang lain menyukai cahaya yang terfokus pada objek yang dituju. Ada juga yang menyukai kombinasi dari efek cahaya. Karena pencahayaan ini termasuk biaya yang mahal, mungkin anda dapat memperhatikan pelbagai pilihan ketika anda berada di kantor, kelas, dan rumah beberapa teman sebelum memebeli yang sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

Inilah beberapa detail penting yang harus diperhatikan dalam lingkungan fisik anda.

  • Papan bulletin tempat anda mencamtumkan perangakat visual untuk menjelaskan proses berpikir anda-seperti grafik kerja sekarang yang sedang dalam pengerjaan dan daftar-daftar proyek yang mungkin diambil.
  • Rak untuk buku-buku dan bahan-bahan rujukan
  • “Sistem penangkap” untuk mencatat ide-ide yang muncul dan mungkin berguna nantinya, seperti sebuah buku catatan atau perekam.
  • Rencana harian untuk mngatur waktu anda.
  • Pernyataan positif untuk mngingatkan anda agar tetap berada dalam kerangka berpikir sikap ingin maju.

Selamat mencoba!!

MENULIS CEPAT ATAU FAST WRITTING

Pernakah ini tejadi pada anda? Anda duduk menulis untuk sebuah surat atau memo. Tetapi, bagaikan mesin dengan kaburator butuk, anda mengalami kesalahan demi kesalahan hingga anda frustrasi dan menyinggkirkannya. Anda memeriksa surat, atau menelepon, atau pergi makan siang sebelum waktunya-melakuakn apa saja kecuali menulis.

Masalahnya adalah, kadang-kadang anda harus menulis sebelum anda menemukan apa yang sebenarnya anda tulis. Anda harus melompati “editor” otak kiri yang ingin mengevaluasi segalanya sebelum tertuang dalam kertas, dan membiarkan otak kanan yang kreatif memegang kendali untuk sementara.

Suatu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menulis cepat. Menulis cepat membantu anda mengatasi lembaran kosong dan melihat kemajuan dengan segara. Anda dapat melakukannya sebelum anda menulis, untuk menjernihkan pikiran anda dari dialog internal, atau anda dapat langsung melompat masuk dan menggunakannya untuk menulis topikya yang anda pilih.

Untuk menulis cepat gunakan pengatur waktu (timmer), katakanlah, lima menit untuk mulai. Lalu mulailah menulis tentang topik anda atau yang lainnya. Teruskanlah menulis hingga waktu habis. Ini berati selama lima menit yang padat, anda akan menulis secepat mungkin, tak pernah berhenti untuk mngumpulkan gagasan-gagasan anda, membentuk kalimat, memeriksa tata bahasa, mengulangi atau mencoret sesuatu. Karena cara penulisan ini, tulisan anda mungkin tampak berantakan dan mngadung kesalahan ejaan, pemikiran yang tidak sempurna, dan kalimat-kalimat yang serampangan, Tak apa.

Anda akan juga mengalami saat ketika anda tak dapat berpikir tentang hal lain yang harus di tulis,atau mungkin jari anda yang pegal akan mengalihkan anda dari topik anda. Jika itu terjadi tulis saja , “apa lagi, apa lagi, apa lagi,”atau “aduh, tanganku pegal” atau kata-kata apa saja yang muncul dari benak anda, sampai topik anda kembali lagi.

Kini lakukanlah menulis cepat anda sendiri tentang warna kesukaan anda. Aturlah waktunya selama lima menit, dan lets begin.

Ketika anda melihat kembali tulisan anda, anda akan melihat bahwa sebagian besar diantaranya benar-benar seperti sampah, sedangkan lain mempunyai sentuhan kebenaran dan kejelasan. Ingat bahwa anda tidak akan menyimpan semua hal yang anda tulis disini. Nantinya, anda akan memanfaatkan teori Tulisan cepat anda sebagai dasar untuk dokumen anda yang sempurna, dengan mengeluarkan gagasan-gagasan yang berguna menyusunnya. Hal yang penting adalah tidak berusaha untuk “lansung sempurna” sejak pertama. Lagi pula draft yang tidak sempurna. Dengan menulis cepat., anda berencana untuk tidak sempurna dari awal. Ini akan membebaskan anda dari beban dan membebaskan anda untuk menyusun pikiran-pikiran dan ide-ide anda yang akhirnya akan menjadi kalimat dan paragraph surat atau laporan anda.

Untuk membiasakan diri dengan proses ini, lakukanlah menulis cepat untuk meningkatkan periode waktu. Mulailah dengan waktu lima menit, lalau tujuh menit, kemudian sepuluh, dua belas,lima belas dan kemudian dua puluh menit. Untuk subjek yang sangat kompleks, anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk menulis cepat selama empat puluh lima menit. Menulis cepat menjernihkan pikiran anda, memusatkan gagasan-gagasan anda, dan membuat yang tak tampak menjadi tampak.

KIAT-KIAT SUPAYA TIDAK MENGALAMI HAMBATAN MENULIS

Inilah beberapa cara jalur untuk kembali ketika anda mangalami hambatan menulis.

Hematlah Kertas Kesayangan Anda

Kemudian ketika anda menjadi terlalau kritis dan itu membuat anda tehenti, bacalah tulisan itu, Ini akan mengingatkan anda bahwa anda adalah penulis yang hebat, jika anda dapat maju terus dengan penuh keyakinan.

Tempatkanlah Diri Anda Pada Sisi Yang Lain

Cobalah untuk memandang apapun yang anda tulis dari sudut pandang yang berlawanan untuk sementara waktu. Ini memberikan kesempatan pada anda untuk berpikir tentang masalah itu secara objektif sekaligus kreatif. Misalnya : anda mencoba menjual sesuatu kepada orang lain. Tempatkanlah diri anda pada posisi yang berpikir, “aku tak menginginkannya, aku tak membutuhkannya, aku tak mampu membelinya.” Apa yang yang harus anda katakan untuk menguasai orang itu? Gagasan atau emosi apakah yang membuat mereka berkata, “hei, aku butuh ini:”?

Langgarlah Aktivitas Rutin Anda

Cobalah menulis pada jam-jam yang berbeda dari hari biasa, makan di restoran tradisional yang baru, berbelanja di pasar yang berbeda, atau ambilah jalan lain menuju kerumah sepulang dari kantor. Melakukan hal-hal secara berbeda membuat anda melihat segala sesuatu dengan cara baru dan membuat hubungan-hubungan yang tak pernah anda lihat sebelumnya.

Menyingkirlah dari Tulisan Anda

Kadang-kadang anda perlu mengsampingkan tulisan anda dan biarkan berpikir dibawah sadar anda manggarapnya. Pergilah berjalan-jalan dan kemudian kembalilah pada perkerjaan anda dalam keadaan segar, atau kerjakanlah sesuatu yang lain untuk sementara waktu.

Ubahlah Lingkungan Anda

Temukan spot baru untuk menggarap tulisan anda, parkirlah mobil anda disuatu tempat yang menghadap pemandangan dan menulislah. Atau menulislah diteras untuk perubahan suasana.

Berbicaralah Pada Anak-Anak Tentang Proyek Anda

Benar, cobalah! Walupun mereka tidak paham sepenuhnya, mereka biasanya mempunyai pendapat dan kerapkali ini membuat anda melihat topik anda dari sudut yang berbeda.

KIAT-KIAT UNTUK MEMPERLANCAR MENULIS

Mulailah Secepatnya

Kalau anda seperti kebanyakan orang lain, segala sesuatunya tampak berjalan lebih lama daripada yang anda rencanakan, kerena itu tambahakan waktu ekstra dalam persiapan.

Putarlah Musik

Musik barok seperti orkestra dan klasik dapat membantu anda relaks dan membuat pikiran anda tenang.

Cari Waktu Yang Tepat

Beberapa orang sangat baik menulis pada pagi hari; yang lain, menjadi sangat putis setelah orang lain pergi tidur, temukanlah yang tepat untuk anda.

Lakukanlah Olahraga

Ini membuat anda segar dan memberikan oksigen yang cukup baik bagi otak, keduanya dapat membantu anda dalam menulis.

Bacalah Apa Saja

Majalah Koran, novel, nonfiksi, kotak-kotak sereal, lirik-lirik lagu, ensiklopedia, buku-buku kutipan, peribahasa, puisi, Koran, dan cerita anak-anak-bacalah semuanya. Membaca membuat anda bersentuhan dengan kehidupan, penggunaan bahasa, dan gaya-gaya tulisan.

Mengkelompok-kelompokan pekerjaan

Lebih mudah untuk menghadapi proyek besar penulisan jika dipecah-pecah menjadi bagian lebih kecil. Karena itu, kerjakanlah pada bagian pada suatu saat. Rujuk juga proses penulisan.

Gunakan warna-warna

Ketika menulis draft kasar, gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap bagian atau gagasan. Ini membantu anda melihat semua bagian kertas anda secara lebih baik.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: