SCHOLARSHIP

 KULIAH DI JERMAN

Untuk yang tertarik pada bidang eksakta seperti teknik, farmasi dan kedokteran kamu bisa mendapatkan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah jerman. Tapi yang berminat pada bidang social dan humaniora juga bisa mendapatkan beasiswa contohnya seperti dosen saya mendapatkan beasiswa S3 di Bremen Universiteit. Beasiswa bukan hanya diberikan oleh pemerintah setempat, tetapi oleh juga beberapa yayasan serta beberapa perusahaan swasta yang peduli pada dunia pendidikan. Untuk yang bukan beasiswa, kuliah di jerman banyak keunggulannya. Yang paling utama adalah, mahasiswa tidak dikenakan biaya yang tinggi.

Sumbangan dana pendidikan dari pemerintah dan badan swsta dari jerman cukup besar, sehinngga sarana pendidikan cukup memadai. Meski, disana hampir semua perguruan tinggi berstatus negeri dan diakui oleh pemerintah jerman, mutu pendidikan di jerman sangat tinggi dengan tuntutan kualisifikasi yang ketat. Kultur dan moral bangsa Jerman yang tinggi membantu membentuk karakter yang baik.

Jumlah perguruan tinggi yang berorientasi praktek cukup banyak. Apabila hubungan antara perguruan tinggi dan badan swasta sangat erat, sehingga jumlah tempat pelatihan dan praktek yang disediakan oleh swasta cukup banyak dan memadai. Karena itu kamu tidak perlu khawatir karena, kamu bisa belajar sekaligus mempraktekan ilmu yang kamu dapatkan.

Pendidikan tinggi di jerman tidak mengenal sistem SKS. Pemilihan mata kuliah, aktivitas perkuliahan, pratikum serta rencana ujian diserahkan kepada mahasiswa. Tidak mengherankan apabila mahasiswa harus punya sikap mandiri, inisiatif, dan motivasi yang sangat tinggi. Bukankah keberhasilan dan kegagalan studi tergantung pada mahasiswanya sendiri.

Karena proses pendaftaran cukup makan waktu, apabila yang masih SMA, lebih baik cari informasinya sedini mungkin. Misalanya saja, kamu SMA atau SMK, mulai saja cari informasi dari kelas 2. biar kelas tiga nanti kamu bisa mempersiapkan segalanya.

Bagi lulusan SMA dan SMK Indonesia, penyetaraan lulusan dilakukan oleh kementrian pendidikan masing-masing negara bagian jerman tempat calon mahasiswa melamar. Pada umumnya lulusan SMU dan SMK Indonesia tidak disamakan dengan lulusan SMA jerman atau Gymnasium. Lulusan SMA dan SMK indonesia membutuhkan waktu 12 tahun untuk mengikuti pendidikan dasar dan menengah, sedangkan calon mahasiswa dari jerman butuh waktu 13 tahun sampai dengan lulus ujian Gymnasium.

Jika mungkin, sejak kelas 2 SMU atau SMK, disarankan mengikuti kursus bahasa Jerman di Indonesia seperti yang diselenggarakan oleh Goethe Institut atau lembaga lain sampai tingkat Mittelstufe II. Pelamaran masuk perguruan tinggi Jerman dilakukan melalui Akademisches Auslandsamt. Formulir pelamaran atau aplikasi dapat diperoleh secara langsung di Jerman atau bisa juga dengan cara surat –menyurat. Beberapa institusi pemerintah Jerman di Indonesia, seperti kedutaan besar republik federal Jerman, misalnya, biasanya juga menyediakan formulir tersebut.

Salah satu syarat yang dipenuhi jika ingin masuk Jerman adalah tanda bukti jaminan finansial. Sudah sejak kedatangan kita di bandara. Kita akan ditanya akan masalah jaminan finansial, disamping itu pengurusan izin tinggal juga memerlukan bukti tanda jaminan finansial ini. Lalu, para pendatang dan mahasiswa, termasuk dari Indonesia, tidak dibolehkan bekerja di Jerman, kecuali pada waktu liburan semester atau waktu yang telah ditetapkan dengan persyaratan tertentu. Tapi jika hidup kita tidak terlalu konsumtif, beasiswa yang diberikan pastilah cukup.

Yang juga perlu diperhatikan adalah batas akhir pelamaran studi. Di Jerman awal masa perkuliahan ada dua, yaitu semester musim dingin wintersemester, dan musim panas sommersemester. Untuk wintersemester biasanya batas akhir pemasukan lamaran adalah tanggal 15 juli, sedangkan sommersemester tanggal 15 januari. Di beberapa perguruan tinggi Jerman, semester pertama bagi mahsiswa baru dimulai pada wintersemester.

Bebearapa perguruan tinggi memberikan persyaratan tambahan, yaitu ujian saringan numerus clauses untuk program studi tertentu, kerena keterbatasan fasilitas dan tempat.informasi lebih lanjut, jika kita ingin mencari beasiswa kuliah di Jerman bisa di hubungi di:

Kedutaan besar jerman

Jln. M.H Thamrin 1

Jakarta 10350

Telp:021-323908

Fax:021-324100

 

Konsul kehormatan republik federal jrmandi medan

Jln. Karim MS 4

Telp: 061-23108

Fax: 061-323577

 

DDAD Jakarta

Jln. Jenderal Sudirman, kav 61-62

Summitmas 1,lt 9

Jakarta 12190

Telp: 021-5200870.5252807

Fax: 021-5252822

E-mail: daadjak@rad.net

 

Goethe Institut Jakarta
Jl. Sam Ratulangi 9-15
Jakarta 10036
Tel.: 021/ 23 55 02 08
Fax.: 021/ 23 55 00 21
E-mail: info@jakarta.goethe.org untuk perpustakaan dan pusat informasi
kursus@jakarta.goethe.org untuk kursus bahasa
kultur@jakarta.goethe.org untuk program kebudayaan
Internet: http://www.goethe.de/so/jak/

Goethe Institut Bandung
Jl. Martadinata 48
Bandung 40115
Tel.: 022/ 436 440
Fax.: 022/ 420 40 41
E-mail: goethebd@melsa.net.id
Internet: http://www.goethe.de/so/bad/

Yayasan Goethe Indonesia
Taman A.I.S. Nasution 15
Surabaya 60271
Tel.: 031/ 534 37 35/36
Fax.: 031/ 531 95 07
E-mail: goethe1@sby.dnet.net.id

CDC Kantor Perwakilan Jakarta
Contact person: Ibu Xandra M. Sihotang
Jl. Benda 3 Rt 07 Rw 001
Ciganjur
Jakarta 12630
Tel.: 021 / 788 90410
Fax.: 021 / 788 90420
Email: cdc_jkt@pacific.net.id
Internet: www.cdc.de

KULIAH DI BELANDA

 

Belanda adalah salah satu negara yang alternatif buat kamu yang melanjutkan pendidikan. Ada beberapa keuntungan yang kamu dapat. Yang pasti universitas di Bealnda menyediakan program internasional dalam bahasa inggris. Jadi kamu tidak perlu belajar bahasa Belanda. Bahasa Belanda tidak jadi tuntutan bagi kamu yang ingin kuliah di negeri kincir angin ini. Tapi barang tentu kamu harus bisa bahasa inggris dengan baik. Soalnya bahasa itu yang kamu pakai dalam perkuliahan.

Belanda juga menjadi pintu buat kamu yang masuk ke eropa.soalnya kota-kota besar di eropa letaknya cukup berdekatan dengan ibukota belanda yaitu Amsterdam. Kamu Cuma butuh waktu dua jam naik kereta untuk sampai di Brussel. Dan hanya perlu waktu satu jam naik persawat ke Paris, London atau ke Berlin. Selain itu kota Roterdam adalah pelabuahn tersibuk di dunia. Singkatnya, kamu bisa bertemu dengan masyarakat dunia di Belanda.

Memang, selama ini Belanda kurang tenar dengan negara-negara Eropa lainnya dalam urusan sekolah.Para pelajar lebih memilih negra lainnya untuk bersekolah. Misalanya Jerman. Negara ini menjadi salah satu pilihan buat orang-orang yang ingin belajar teknik. Padahal Belanda sebenarnya tidak cukup kalah. Bidang hukum adalah salah satu bidang yang sangat kuat. Ingat tidak bahwa sistem hukum kita berkiblat pada sistem hukum Belanda. Makanya Belanda adalah negara yang tepat buat kamu yang ingin belajar hukum. Tapi bukan itu saja. Disana ada ratusan bidang studi yang bisa kamu pilih. Tentunya itu semua dengan mutu yang baik dan dengan metode pengajaran yang baik.

Di Belanda pendidikan akan bermuara pada individu masing-masing. Kamu bebas mengemukakan pendapat dan kreativitas kamu. Kamu bakal banyak diberi tugas menulis dan riset. Belanda memang memegang tradisi pada pendidikan penelitian.

Memang tidak semua bidang yang memakai bahsa Inggris. Ada juga yang diajarkan dalam bahasa Belanda. Kalau memang demikian, kamu harus menguasai bahasa Belanda dulu. Biasanya mahasiswa yang mengambil kuliah dengan bahasa Belanda akan menghabiskan waktu satu tahun utnuk belajar bahsa Belanda.

Kalau ingin belajar di Belanda, kamu harus aktif mencari sekolah mana yang cocok buat kamu. Informasi sekolah bisa kamu dapatkan di NEC (Netherland Education Center). Tapi kalau memang tertarik dengan program beasiswa, kayaknya kamu harus bergerak lebih aktif, karena beasiswa yang diberikan untuk para lulusan SMU tidak terlalu banyak. Biasanya kamu harus langsung mencari ke sekolah yang kamu minati.

BEASISWA DELTA

Salah satu yang bisa kamu coba adalah program beasiswa DELTA (Ducth Education: Learning at Top level Abroad). DELTA adalah program beasiswa pemerintah belanda untuk pelajar di RRC (Cina), Indonesia, Taiwan dan Afrika Selatan. Beasiswa ini disalurkan melalui universitas yang ditunjuk. Tapi tidak semua universitas yang ditunjuk ini melaporkan ke kedutaan. Hanya beberapa universitas yang melapor. Jadi pelajar harus mencari informasi sendiri. Universitas yang menyediakan beasiswa DELTA antara lain Erasmus Universeteit Rotterdam, Fontys Hogenschool van Utrecht, Technische UniversiteitD Delft, Universiteit Leiden, dan Univeriteit Maastricht. Kamu bisa mencari informasi dengan browsing di internet atau menghubungi NEC.

Kalau memang berminat buat melanjutkan sekolah di Belanda. Kamu harus mulai sejak bulan Oktober atau November. Biasanaya pendaftaran dibuka sejak bulan November dan ditutup akhir bulan Maret. Tapi hal itu pun tidak sama di setiap sekolah.

Pertama-tama kamu harus menghubungi sekolah yang kamu tuju. Hal itu bisa kamu lakukan lewat E-mail. Umumnya mereka menyaratkan nilai TOEFl sekitar 500-550 atau IELTS 5,5-6,0. selain itu ada juga persyaratan lain, misalanya untuk beberapa jurusan, meminta kamu untuk telah mengambil beberapa mata pelajaran di SMU. Kamu juga perlu mengirimkan beberapa berkas-berkas pribadimu. Term sekolah biasanya dimulai sekitar bulan September. Bagaimana? Tertarik belajar di negeri kincir angin.

    • rudi
    • February 11th, 2008

    erik, lihat juga blog hima lalu kasih komennya,

    makasi

    • arowolo
    • July 15th, 2008

    pls send me with english laugage

  1. just wait a minute

    we on that way

    thanks for supporting this blog.

    • yoppy
    • July 20th, 2008

    aku pingin banget sekolah k belanda…. aku mau tanya jga selain study.. apa kita bsa sambil kerja . aku pemain dj d sini. menurutmu player dj disana laku juga gak di sana. tanks.

  2. Belajar di manca negara memang berbeda atmosfernya. Kualitas SDM kita ternyata gak kalah dengan negara lain. Maju Indonesia

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: