Abis Baca Business Model Generation

Ini kovernya

 

Hari in gue kelar baca buku yang fundamental banget buat para pelaku startup. Jadi kalo elu tau apa itu bisnis model canvas nah itu sama. Penulis buku ini yaitu si Alex (pake “si” biar dikata akrab). Nah si Alex bikin ini buku benar-benar bagus men. Kenapa gak ya, dia membuat sebuah buku yang full gambar, pola, art banget lah. Jadi dia bikin buku yang bisa mudah masuk ke otak gue. Seluruh model bisnis yang bikin otak keriting dari blue ocean strategy, multi platform, long tail ampe freemium (monetasinya) enteng banget di jelasin ama gambar-gambar. Gue demen ama buku yang begini, dia ngejelasin gimana pola bisnis, desain bisnis, (dua lagi lupa).

Yang asik dari tulisannya itu ya, gak ribet dan komprehensif banget. Gue yang pernah belajar kuliahnya Steve Blank di Udacity aja tentang costumer development aja ampe 8 kali kagak ngeh, nah dia di buku ini penuh dengan gambar bikin gue paham, kenapa bisnis model canvas ini benar-benar applicable kalo lu praktekkan di bisnis elu. Gara-gara ini bukulah katanya lahirnya penerus bukunya yang lebih yahud lagi yaitu dari Eric Ries yang judulnya Lean Startup.

So far ye, buku ini emang harus wajib di baca seluruh pelaku usaha biasa – startup, semua orang juga bisa. Kalo elu pengen achieve sesuatu lu pake deh ini bisnis model canvas, karena dengan metode ini apa yang kita pengen bener-bener kita organize dan telanjang untuk mencek progess apa yang kita inginkan.

Yang nulis bukunya si Alex Osterwalder (background S2 ilmu politik & Ph.D Management Information System)

Bagi gue buku ini masterchef ya, alias mastermind (lu bingung gua ngomong apa? Sama).  Jadi alkisah kalo gue tertarik bisnis dari awal tahun 2009, kalo bisa gue udah baca buku ini men. Gimana enggak, seluruh hipotesa bisnis, visi bisnis, executing bisnis ya disini semuanya, yahhh 50% lah ya. Kalo tau dari dulu dan baca buku ini mungkin gue kali ya yang invented linkedin, berniaga, lazada. Tapi apa daya zaman segitu bukunya belum ada karena baru terbit 2010.
So…menurut gue yang udah baca tjakep banget udah baca tapi yang belum baca mending baca daripada nyesel kek gue. :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

