Tentang Menjadi Perenungpreneur

merenung

Kealpaan dalam bisnis salah satunya adalah merenung.

sering kali seorang pengusaha karena terlalu ambisius, dikejar oleh timeline kerja, dan tuntutan idealisme, membuat mereka melupakan bahwa ada fungsi yang kurang dari siklus bisnisnya. Kebanyakan dari mereka tidak tahu apa hal tersebut, sehingga membuat mereka lebih giat lagi untuk bekerja. Bukan melakukan koreksi dengan melakukan perenungan, mereka terjebak dalam rutinitas operasional bisnis yang tidak memiliki benih-benih untuk melakukan inovasi. Akhirnya apa? dalam tahun pertama dengan revenue yang terus naik, lama-lama kelamaan para kompetitor semakin menggurita, lintas manejemen dan produksi menjadi menurun, ritme, visi dan misi perusahaan hanya menjadi rutinitas semata tanpa ada chemistry dan sense of belonging untuk membuatnya menjadi lebih efektif. Usaha crash down.

Merenung adalah cara koreksi dengan hati dan logika. Hati mewakili insting, intuisi, dll. Logika memikirkan visioner perusahaan, scale up bisnis, dll. Saat merenung mereka berkolaborasi, memeriksa setiap sistem yang saling bertentangan. Dengan adanya perenungan ada berbagai kenyamanan dan kepuasan batin yang diterima diri ini sebagai pengusaha, ibarat shalat jika bahagia/susah, hati menjadi tenang, tentram, bahagia. Sama dengan merenung, merenung yang positif dan proaktif membuat segala flashback idealisme/cita-cita menjadi kembali lagi, romanitsme untuk membuat bisnis menjadi sustan dan growth muncul kembali, dan otomatis anda akan full energy untuk memetakan bisnis ke jalan yang lebih benar menurut versi “kita” yang sebenarnya yang merupakan perpaduan antara visi dan teknis lapangan.

kita tidak bergerak kemana-mana dengah hanya merenung. Tapi merenung bisa memberikan kita jawaban yang membuat kita bergerak dengan cepat. Saat kita merenung, kita akan terkagum-kagum dengan bijaksananya diri kita sendiri.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: