Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cerdas

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana murahnya mencari pekerjaan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dulunya sebelum melamar pekerjaan. Misalnya CV apakah CV kamu impresif, bisa bikin terkesan, apakah CV nya enak dan mudah dibaca, dll.

Ingat dalam mendapatkan (bukan mencari) pekerjaan hal yang diutamakan adalah value added kita dibanding kompetitor lain. Misalnya kita ngerti Inggris gak (min TOEFL 450 lah), bisa selain word gak, excel dan PowerPoint. Itu adalah hal yang sangat krusial dan penting. Sisi lain apakah Anda dandy gak? (rapi). Kebanyakan masih berambut gondrong (idealis sejak kuliah), saya bilang aja itu bullshit. Kita kerja dalam sistem harusnya mengikuti sistem jangan jadi seorang kontrarian. Kerapian adalah harga mati, yang jerawat, jerawatnya diobati, yang giginya hitam (like me) ke dentist, yang kurus gemukin, yang gemuk kurusin, penampilan adalah value added. Itu adalah kunci berharga kita dibanding lain.

Dari segi skill, kita bisa apa aja selain itu, bisa baca huruf Jepang tidak, bisa baca bahasa lain tidak, bisa instalasi laptop/pc, gambar, speedreading, ngetik 10 jari, terserah pokoknya soft skill yang mengindikasikan kita orang yang suka belajar. Tapi kalo semata hanya mengandalkan CV yang baku, gak ada tambah-tambahannya seperti di KTP mending jangan berharap terlalu banyak deh untuk dapat kerja dengan salary yang 5 atau 10 kali lipat di atas UMR. Saya jamin. Internet adalah salah satu value added kita mendapatkan pekerjaan, banyak berbagai lowongan pekerjaan yang ada internet, misalnya di akun-akun twitter bursa kerja, dimilis, koran dsb. Yang paling penting adalah pandai dan menyisihkan waktu untuk membaca dan memfilter list dari daftar pekerjaan tersebut. Ingat no pain, no gain. Tanpa besakit-sakit, tanpa keuntungan. Jadi ke internet itu jangan buka fb dan baca-baca berita gosip. Betapa absurdnya kalau demikian.

Hal yang cukup krusial adalah wawancara, wawancara adalah bentuk langsung dari representasi kita untuk mewakili diri kita sebenarnya bila ingin mendapatkan pekerjaan. Baca dan beli buku-buku interview yang banyak di toko buku. (kalau gak punya duit pinjam, kalo ada duit gak mau beli mending jangan pernah lamar pekerjaan aja deh). Proses ini sangatlah penting, para interviewer akan sangat jeli (karena kerjanya itu aja) jadi dia bisa lihat ini orang emang kualitas pa gak, dan itu bisa dilihat olehnya mungkin kurang dari 5 menit. So kalau interview kamu jelek dalam 5 menit, maka kamu tidak ada harapan. Karena interview itu adalah proses melewati psikologi pewawancara, kalo kita bisa meyakinkanya, maka simpel aja, pekerjaan dijamin 50% udah ditangan. So proses interview sangatlah penting. Outook, inner, wawasan adalah kunci mendapatkan pekerjaan. Ada banyak cara, cara biasa yaitu kita ngemis-ngemis (mengikuti sistem selama ini) untuk melamar, masukan bahan, dll. Cara yang lain adalah dengan cara yang cerdas, caranya mudah saja sering-sering buka situs cari tahu tentang tempat kita melamar pekerjaan, cari data, cari fact, cari kulturnya, pokoknya semua hal tentang tempat kita melamar itu. Lalu (teknis sih) kamu cocokkan dengan CV kamu, apa aja yang dirasa bisa memberikan koneksi langsung antara CV kamu dengan tempat kamu bekerja itu. Misal mau kerja di bank, kembangkan/buat CV untuk menguasai tata buku, saham, forex, options dll. Kalo mau kerja di pers, buat pernah nulis apa gitu, di jurnal, blog, dan interest kamu yang ada kaitannya dengan pers. Kalo mau kerja sebagai pramugari/gara bisa inggris, tau peta demografis, tata krama komunikasi, dan cari tips-tips/bukunya di internet dan toko buku. Ingat sekali lagi, no pain, no gain!

Terkakhir adalah berdoa, kalo gak percaya tuhan, berdoa ama siapa kek yang penting berdoa, untuk melepaskan kestressan kita. Good luck.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: