MENGENERALISASI KESEJAHTERAAN KITA

Melihat semakin terjerumusnya negara ini dalam orientasi kemiskinan, sudah menjadi hal yang jelas  apabila pemerintah harus semakin agresif menggalakan peningkatan kesejahteraan.  Karena seperti yang kita ketahui bahwa kekuatan kapasitas negara itu sendiri diukur melalui variabel kesejahteraan rakyatnya. Dengan banyaknya rakyat yang sejahtera maka bisa diindikasikan bahwa Negara itu sendiri mempunyai sense of survive yang tinggi. Berkaca dengan fakta yang ada, kita cukup kecewa karena kenyataan dilapangan pemerintah kita masih tersendat-sendat untuk bisa mensejahterakan seluruh warga negaranya. Walaupun dari kebijakan-kebijakan yang pemerintah aplikasikan di masyarakat ada yang efektif, tapi masih banyak  juga suara yang sumbang yang tetap mencerca bahwa negara ini de-aplikatif dalam program peningkatan kesejateraan rakyatnya! Masalah lainnya terkait kesejahteraan ini yaitu gap yang menganga di masyarakat terkait dengan tidak meratanya masalah peningkatan kesejahteraan, maka yang kita butuhkan sekarang adalah bagaimana negara ini butuh sinergisitas dalam mengeneralisasikan kesejahteraan masyarakatnya.

Tanpa bisa kita bantah lagi, bahwa masih ada dan masih berkesinambungannya tingkat ketimpangan kesejahteraan di masing-masing wilayah di Indonesia ini, hal yang mencolok bisa kita lihat di daerah Timur yang sangat sedikit sekali disentuh oleh tangan-tangan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan. Dengan kata lain berbicara kesejahteraan tanpa bicara mengentaskan kemisikinan di Indonesia ini  adalah hal yang sangat mustahil. Maka dengan masalah yang belum meratanya ukuran kesejahteraan di setiap sudut wilayah di Indonesia ini, maka secepatnya kita perlu berpikir ulang mengenai kebijakan yang sudah-sudah, dan segera me re-konstruksi program yang sebelumnya.

kesalahan-kesalahan terkait dengan peningkatan kesejahteraan ini, yaitu bagaimana bisa mensinergitaskan antara yang near poor yang khusunya di wilayah Barat dan yang totally poor di wilayah Timur. Maka yang diperlukan yaitu menyatukan suara terlebih dahulu untuk mengeneralisasikan kesejahteraan di seantro nusantara. Dengan mengeneralisasikan kesejahteraan di antara wilayah Barat dan Timur, maka negara terlebih dahulu telah memegang punuk dari akar timpangnya kesejahteraan di negeri ini, bisa kita lihat bahwa akibat kecemburuan sosial yang diakibatkan oleh  tidak meratanya dan generalnya masalah kesejahteraan ini timbul konflik-konflik internal dan eksternal yang baru, seperti masalah separatisme, tingkat kepercayaan kepada pemerintah, akuntabilitas daerah, dll. Dengan kata lain setiap kali pemerintah mengentaskan masalah lama, maka muncul masalah-masalah baru yang ibarat sebuah lingkaran setan yang tak kunjung sudah untuk diselesaikan.  Maka dengan mengeneralisasikan kesejahteraan kita, setidaknya negara ini telah memberi ruang kepada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Di sisi lain, fakta yang kita lihat di lapangan adalah segala kebijakan yang telah di implementasikan di masyarakat selalu terbentur dengan kendala pendekatan (approach) yang tidak substansial, dimana Negara selalu berwawasan untuk meningkatkan kesejateraan ini melalui oreinteasi program makro, sehingga akar masalah yang sebenarnya yaitu mikro  menjadi tidak  tertuntaskan. Apabila kita terus menggunakan pendekatan yang seperti ini, tak pelak lagi bahwa kita masih terus untuk gigit jari melihat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tetap tidak progresif

Hal yang lain untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pola generalisasi kesejahteraan kita adalah: dengan menciptakan pembangunan yang berkesinambungan. Dimana dengan gerak laju pembangunan dan infrastruktur yang konstan dan terakumulasi, maka akibat pembangunan ini akan berimbas kepada gerak laju naiknya kesejahteraan rakyat.

Intensitasnya memang benar bahwa program peningkatan kesejahteraan rakyat di Negara ini cenderung tidak memiliki path yang efektif, karena terkendala dengan persoalan-persoalan yang cenderung kasusistis dan bersifat emosional apabila diterapkan  di masyarakat, untuk itu dengan mencoba untuk mengeneralisasikan kesejahteraan di seantro nusantara, maka lambat tapi pasti kita  mulai bergerak untuk benar-benar menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negeri ini. Semoga.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: