MILENIARISME

Mileniarisme, suatu kepercayaan akan datangnya suatu zaman yang membawa kebahagaiaan yang seperti dulu dialami nenek moyang suatu bangsa. Penganut kepercayaan ini menginginkan hidupnya kembali kepada nilai-nilai tradisional yang mengidamkan masyarakat yang ideal, seperti tidak ada pertentangan, pendertiaan, keadialan, sebaliknya sandang-pangan berlimpah, hidup tentram dsb.

Unsur pokok gerakan ini adalah seorang pemimimpin keagamaan yang merupakan guru, kiai, dukun atau gerakan mesias. Peimimpin ini mengaku menerima wahyu yang kemudian ia sebar luaskannya. Ia memiliki karisma dan sikap penolakan terhadap situasi yang ada, serta mengharapkan datangnya millennium. Unsur pemujaan terhadap nenek moyang tercemin dari para pemimpin keagamaan yang mengaku pernah berhubungan dengan nenek moyang, orang keramat, dunia roh, dsb. Gerakan ini juga mempunyai ilmu gaib, serta kekebalan tubuh.

Pada umumnya milenarianisme muncul terhdap dominasi bangsa barat atas daerah jajahan yang menimbulkan kesenjagan dengan penduduk setempat. Oleh karena itu gerakan ini sering terjadi pada bangsa suku-sku di afrika, asia, pasifik, dan amerika, serta lebih bersikap revulisoner. Di Indonesia, gerakan keagamaan yang mileniarisme terlihat dari peranan pemimpinnya sebagai ratu adil yang akan membawa kebahagian. Mileniarisme juga sering disebut dengan mesianis.


  1. kalo menurut saya MILENIARISME itu hampir sama dengan renaisence, yang mana inti dari renaisence ini adalah ingin kembali kemasa kejayaan romawi-yunani kuno, yang mana mereka menganggab masa pada saat itu adalah masa yang sangat stabil. sedang kan di indonesia di kenal dengan Gerakan Ratu Adil, yang mana mereka meyakini akan ada penolong yang akan menyelamatkan bumi dari kehancuran

  2. sory bro gue kebanyakan “yang mana”

  3. makasi Rik atas kritikannya terhadap Blog Hima en Blog saya sendiri, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita bersama, dan bagi HIMA.

    Wassalam
    Rudi (Infokom HIMA)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: