POLEMIK BUMI DAN MASA DEPANNYA

Semenjak manusia pertama mendiami planet ini kurang lebih 20.000 tahun yang lalu. Bumi sekarang dengan dulu sangatlah kontras kondisinya . Perbedaan yang sangat mencolok itu bisa dilihat dari segi penjamahannya oleh manusia. Tangan-tangan manusia telah merubah kondisi ini sehingga menyebabkan pemusnahan didalam segala aspek kehidupan, memang dalam masalah keefisienan manusia telah merancang hal-hal yang tak terduga , tetapi manusia sendiri tidak memikirkan akan kelangsungan hidupnya untuk generasi-generasi seterusnya akibat ulah mereka tersebut. Upaya-upaya dalam menghindarkan masalah-masalah kelangsungan bumi tersebut bagi manusia untuk kontemporer ini sudah termasuk kewajiban yang sangat mutlak untuk dilakukan,bumi adalah tempat tingalnya manusia, tetapi untuk masa depan bumi ini banyak hal yang tidak akan menjajikan akan kelangsungannya bagi manusia sebagai tempat tinggal.

Peristiwa pelik yang akan menjadi tugas bagi manusia sehubungan dengan masa depan bumi ini salah satunya ancaman akan penipisan lapisan ozon. Pada tingkat global , tanda-tanda akan kemerosotan lebih merisaukan. Dan proes-proses yang menyebabkannya lebih sulit dibalikan. Pengukuran terhadap atmosfer yang dibuat di awal tahun 1991 oleh badan aeoronitika dan ruang angkasa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan bahwa lapisan ozon pelindung bumi telah menipis dengan kecepatan dua kali lipat dari pada yang diduga oleh para lmuwan…Dengan kerusakan sebanyak 4-5 persen diatas Amerika Serikat, dalam 13 tahun ilmuwan yakin bahwa akibatnya 200.000 kematian manusia tambahan karena kanker kulit yang terjadi di Amerika Serikat saja selama 50 tahun yang akan mendatang.

Disamping itu angka-angka yang digunakan sebagai landasan persetujuan internasional untuk mengantikan CFC (chloroflourocarbon) yang merusak lapisan ozon, yang diperketat dalam pertemuan tahun 1990-an untuk mengakhiri pembuatan CFC pada milenum ketiga..kini ternyata terlampau hati-hati dan jadwal itu boleh jadi harus dipercepat lagi,bahkan seandainya produksi CFC langsung dihentikan, enyapnya ozon akan terus berlangsung 20-30 tahun,dan boleh jadi akan dibutuhkan puluhan tahun untuk memulihkan atmosfer bagian atas itu, bagi mereka yang sadar akan kesehatan,mandi matahari boleh jadi lebih penting dari tinfakan merokok daat ini.

Setiap tahun sekarang ini tingkat-tingkat gas rumah kaca di atmosfer mencapai rekor yang tinggi, dan lapisan ozon pun menipis.Serbuan-serbuan mendasar terhadap atmosfer ini hampir seluruhnya disebabkan negara-negara kaya yang menggunakankan sebagian besar bahan bakar fosil dan bahan kimia yang menipiskan ozon, namum biaya-biaya jangka panjangnya akan ditanggung oleh seluruh manusia. Penipisan ozon dapat menimbulkan kanker kulit diantara petani-petani pegunungan Andes yang tiudak pernah menggunakan kaleng-keleng penyemprot beraerosol, sementara pemanasan global dapat menenggelamkan wilayah-wilayah Bangladesh yang sangat sedikit sekali menggunakan listrik.

Perubahan-perubahan atmosfer lainnya juga berlangsung dengan kecepatan yang meresahkan. Selama tahun 1980-an, jumlah karbon yang dipompakan dalam atmosfer dari pembakaran bahan-bahan bakar fosil mencapai rekor baru yang tinggi,dan angka itu mencapai hampir 6miliar ton dalam tahun 1990. Meningkatnya konsentrasi karbon ini dan gas-gas rumah kaca lainnya,yang untuk sebagian besar dihasilkan oleh negara-negara industri, diramalkan oleh para ilmuwan akan menimbulkan kenaikan suhu rata-rata global dengan cepat selama dasawarsa-dasawarsa yang akan datang.

Sekalipun masih terlampau dini untuk mendeteksi pemansan global di tingkat rumah kaca, pada tahun 1980-an merupakan dasawarsa paling panas semenjak dimulainya pencatatan lebih dari 100 tahun yang lalu. Data iklim menunjukan bahwa tahun1990 merupakan tahun paling panas sejauh ini, dengan lapisan salju bagian utara mencapai paling tipis semenjak pencatatan satelt dimulai tahun 1970. Tepat sebagaimana lazimnya dibutuhkannya 6 bulan setelah resesi dimulai sebelum para ahli ekonomi mempunyai cukup data untuk secara resmi mengakuinya, begitulah para ilmuwan sekarang mencoba meneguhkan pemansan rumah kaca yang telah berlangsung.

Studi-studi yang telah dilakukan dibeberapa negara penyebab penipisan lapisan ozon, telah menemukan bahwa penggunaan energi dalam gedung, pabrik dan sistim transportasi bukan saja menimbulkan polusi emisi karbon juga melainkan memboroskan uang lebih besar. Banyak bangsa kaya memboroskan emisi karbon mereka dampai 80% sampai 15 tahun yang akan datang mungkin negara-negara berkembang dapat menaikan perkiraan emisi karbon bahkan dengan jumlahnya yang lebih besar lagi.

Bumi tidak hanya direpotkan masalah internalnya saja bumi juga harus menerima cacat fisik yang sangat serius, kerena kelangsungan ulah manusia juga, kita memang sadar bahwa bumi ini penting bagi regenerasi kita, tetapi kita tidak menunjukan suatu pola sikap seakan kita menghargai bumi ini, polusi-polusi yang terjadi telah merusak keanekaragaman hayati di planet ini. Lingkungan yang terawat bisa menjadi porak-poranda seperti contohnya di Ekuador, dibawah hutan belantara Ekuador terdapat sumber-sumber minyak yang kaya. Berbagai perusahaan minyak internasional telah menyedot minyak di hutan-hutan Ekuador dan menyalurkannya melalui pipa-pipa minyak sepanjang 280 mil menyebrangi pegunungan andes selam 18 tahun terakhir, kerusakan dan kebocoran pipa minyak ini telah melontarkan ke sungai amazon minyak mentah 16,8 juta galon. Dan pipa minyak lain yang lebih kecil membuang 10.000 galon minyak tiap minggu kesungai Amazon disamping ini proses memproduksi minyak itu membuang setiap harinya 4,3 juta galon limbah produksi yang beracun,dan bahan-bahan kimia lain kesungai Amazon, sungai-sungai lain dan juga menyusup ke dalam tanah(earth action summary,may-october1993).

Beberapa masalah ditimur juga menghadapi masalah,kesalahan menggunakan sumber-sumber air telah mengurangi potensi pertanian di bagian-bagian wilayah luas di Asia selatan, dan erosi tanah telah menciutkan harapan-harapan penen di sebagian besar Afrika. Ketidakmampuan Peru untuk menyediakan air bersih bagi rakyatnya menjadi kentara berpuluh-puluh tahun belakangan ini dalam tahun 1991.

Berdasarkan penelitian dalam tahun 1988 air tanah di 39 negara bagian AS mengandung pestisida dalam tahun 1990,lembaga tesebut mencatat sekitar 100.000 pelanggaran standar mutu airnya. Di Polandia, sekurang-kurangnya separo air sungainya begitu tecemar sehingga bahkan tidak dapat digunakan untuk industri.Sementara itu, sungai Nanktong di Korea selatan telah menjadi karbon idustrialisasi negara itu. Sekitar 343 pabrik sepanjang tepiannya telah membuang limbah beracun secara gelap dalam tahun 1990. Akhir-akhir ini ribuan orang menjadi sakit berat di kota Taegu karena air dirumah mereka tercemar phenol, sebuah bahan kimia yang digunakan dalam memproses papan sirkuit.

Krisis polusi yang paling buruk didunia terdapat dicekungan laut Aral di Uni soviet. Disitu penumpukan pestisida pertanian dalam cadangan-cadangan air setempat telah menimmbulkan cacat bayi lahir, keguguran, kerusakan ginjal dan kanker. Di sejumlah masyarakat dekat laut Aral, angka kematian akibat kanker tenggorokan telah meningkat 7 kali lipat dari angka nasional. Ini sekedar meupakan salah satu diantara banyak contoh tingkat polusi yang merusak kesehatan si uni soviet. Sebuah perkiraan untuk tahun 1987 mengungkapkan kerugian kesehatan secara nasional sebesar 190 miliar rubel, sebuah angka yang mengeriakn yaitu 11% produk nasional kotor.

Pulusi udara juga masih masalah yang tetap di ratusan kota besar bahkan dibanyak pedesaan diseluruh dunia.Menghirup udara di Bombay kini setara dengan merokok sepuluh batang sehari. Di mexico city, udaranya dianggap mengancam nyawa dan para diplomat wanita dipaksa pulang ketanah air selama hamil. Di Bangkok, 2 juta mobil dan penggunaan bensin-bensin bertimah yang bermutu rendah telah membuat udara kota tersebut menjadi adonan 38 bahan kimia yang berbeda, kurang lebih satu juta penduduk kota tersebut dirawat karena penyakit pernapasan setiap tahun. Keracunan timah hitam sekarang mewabah diantara anak-anak Bangkok dan kanker paru-paru 3 kali lipat banyaknya disitu seperti di bagian lain negri tersebut.

Kerusakan bumi juga akan diperparah sehubungan dengan kondisi bumi itu sendiri dan masih saja memburuk dengan laju yang lebih cepat. Sejak tahun 1972 dunia telah kehilangan 200 juta hekta are pohon-pohon kayu, padang pasir bertambah luas dengan 120 juta hekta are, juga petani sedunia kehilangan tanah permukaan kurang lebih sama dengan luas tanah Prancis dan India, sebanyak 480 juta ton dan beribu macam tumbuhan dan jenis binatang yang masih ada tahun 1972, kini telah punah.Selain itu setiap tahun jumlah manusia bertambah dengan 90 juta jiwa, angka ini tidak diikuti degan hasil pertanian padi-padian dan biji-bijian yang seimbang.

Di milenium ini kondisi bumi sudah kritis tidak baik bagi re-generasi kita, lazimnya kita berusaha mempersiapkan segala sesuatunya bagi anak-anak kita,s audara-saudara kita, orang tua dan bahkan mahkluk disekitar kita, pertanyaannya seberapa jauh kita bersedia melakukan investasi disebuah planet yang layak huni ini bagi mereka? yang menjadi masalah adalah apakah kita secara bersama-sama bersedia mengupayakan itu, memperjuangkan apa yang diperlukan guna mewujudkan suatu dunia baru. Seperti para pemasang iklan yang gemar berkata, ini adalah “masa penawaran yang terbatas”, masa kini pun segera berakhir.

see at hendrikofirman.blogspot.com about my other perspective.

  1. setuju, setuju, tapi untuk menghadapi masalah bumi kita yang mulai renta kita butuh langkah dan prakteh, bukan hanya himbauan di media masa. karena menurut saya banyak orang yang menyerukan tentang kerusakan bumi, banyak diskusi yang dilakukan tapi prakteknya tidak ada. JANGAN GILA DOOOOOOONK

  2. setuju, setuju, tapi untuk menghadapi masalah bumi kita yang mulai renta kita butuh langkah dan prakteK, bukan hanya himbauan di media masa. karena menurut saya banyak orang yang menyerukan tentang kerusakan bumi, banyak diskusi yang dilakukan tapi prakteknya tidak ada. JANGAN GILA DOOOOOOONK

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: